Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Bicycle4you ~ It's All About Bicycle | Members area : Register | Sign in

Sejarah Sepeda Dunia

Share this history on :

Sepeda adalah salah satu kendaraan untuk transportasi manusia. Lebih dari 150 tahun , sepeda telah digunakan dalam berbagai tugas. Berbicara tentang sepeda, ada berbagai versi tentang sejarah sepeda. Bicycle4you.com akan memberikan Anda ringkasan tentang sejarah sepeda dari berbagai sumber.

Sejarah Awal
Ada klaim awal tetapi belum diverifikasi beberapa penemuan sepeda-seperti mesin. Yang paling awal berasal dari sketsa disebutkan dari tahun 1493 dan dikaitkan dengan Gian Giacomo Caprotti, murid dari Leonardo da Vinci. Hans-Erhard Lessing baru-baru ini mengklaim bahwa pernyataan ini adalah penipuan. Namun, keaslian sketsa sepeda masih dipertahankan dengan rapi oleh para pengikut Augusto Marinoni Prof, seorang ahli bahasa, yang dipercayakan oleh Vinciana Commissione Roma dengan transkripsi da Vinci Codex Atlanticus.
The celerifere - one of the earliest bike prototypes - 
had no pedals or steering.
Library of Congress

Bentuk aneh pertama yang realistis dapat dikatakan menyerupai sepeda dibuat sekitar tahun 1790 oleh Comte Mede de Sivrac dari Perancis. Disebut celerifere, itu adalah perangkat skuter-seperti kayu tanpa pedal atau kemudi. Sebuah model yang sama, ditingkatkan dengan mekanisme kemudi menempel pada roda depan, diciptakan pada tahun 1816 oleh orang Jerman, Baron Karl von Drais de Sauerbrun. Dia menyebutnya Draisienne, setelah dirinya, istilah populer juga menyebutnya kuda hobi.

Ketika menggunakan salah satu dari perangkat ini, pengendara bertengger di kursi roda antara dua roda berukuran sama, dan menggunakan kaki, mendorong sepeda sedikit seperti skuter. Drais sepeda dipamerkan di Paris pada tahun 1818, dan cukup populer diterima, desain terbatas penggunaannya untuk jalan datar, jalan bagus melalui kebun dan taman, yang terbatas untuk pemakaian ringan sehari-hari.

Draisienne (Hobby Horse)

Mesin Berjalan
Pada tahun 1817 Baron von Drais menciptakan sebuah mesin berjalan yang akan membantu dia berjalan di sekitar kebun kerajaan dengan lebih cepat. Perangkat ini bergerak dengan mendorong kaki Anda ke tanah, sehingga bergulir sendiri dan perangkat maju seperti jalan meluncur. Mesin ini dikenal sebagai Draisienne atau kuda hobi. Alat ini seluruhnya terbuat dari kayu. Penemuan ini hanya sekedar iseng dan sederhana, tidak praktis untuk transportasi di tempat lain selain jalur terawat seperti di sebuah taman atau kebun.

The MacMillan Velocipede
MacMillan Velocipede
Kendaraan roda dua ini dirancang oleh Kirkpatrick MacMillan, pandai besi Skotlandia. Ini adalah yang pertama dari jenisnya yang memungkinkan orang untuk naik tanpa menyentuh kaki mereka ke tanah. Alat Macmillan memiliki bingkai kayu dan besi-berbingkai kayu roda. Roda depan, yang menyediakan kemudi terbatas diukur 30 inci (760 mm) diameter, sedangkan belakang 40 inci memiliki (1016 mm) roda dan melekat pada pedal melalui menghubungkan batang. Secara total, sepeda Macmillan ditimbang £ 57 (26 kg). Penemuan ini menarik banyak perhatian, dan Macmillan membuat publisitas tambahan ketika ia naik sepeda 68 mil untuk mengunjungi saudara-saudaranya di Glasgow. Duplikasi penemuan yang dihasilkan oleh perusahaan lain segera muncul di pasar, dan Macmillan mendapatkan keuntungan kecil dari inovasi itu.

The Boneshaker

Produksi Massal Pertama di Dunia
Pada tahun 1860, Michaux sepeda beroda tiga dirancang oleh orang Prancis, Pierre Michaux yang terlibat dalam perbaikan kereta kuda dan pembuatan kereta bayi dan sepeda roda tiga. Dia datang dengan desain ketika seorang pelanggan membawa Draisienne untuk diperbaiki. Setelah anaknya mencoba mengendarai sepeda itu dan memiliki kesulitan dengan kakinya di jalan menurun, Michaux datang dengan ide untuk menghubungkan lengan engkol dan pedal langsung ke roda depan sebagai sarana propulsi.




Add capt

Sepeda Roda Tinggi
Pada tahun 1870 sebuah mesin dari logam pertama muncul. (Sebelumnya ilmu metalurgi tidak cukup maju untuk menyediakan logam yang cukup kuat dan ringan). Pedal masih menempel langsung ke roda depan dengan ada mekanisme freewheeling. Karet ban padat dan panjang jari-jari roda depan yang besar. Roda depan menjadi lebih besar dan lebih besar dengan asumsi bahwa semakin besar roda, semakin jauh Anda bisa bepergian dengan salah satu rotasi dari pedal. Mesin ini adalah yang pertama untuk disebut sebuah sepeda ("dua roda"). Sepeda ini mendapatkan popularitas besar di antara kalangan anak-anak muda pada dekade 1880-an.

Karena pengendara duduk begitu tinggi di atas pusat gravitasi, jika roda depan membentur sebuah batu atau lubang di jalan, atau ada anjing yang munculnya tiba-tiba, seluruh beban akan terpusat ke depan pada as roda depan, dan pengendara, dengan kakinya terjebak di bawah setang, akan jatuh dengan kepala terlebih dahulu. Sehingga kemudian muncul istilah "taking a header".






Keselamatan Sepeda - Sebuah Kemajuan Besar pada Desain
Perkembangan sepeda safety bisa dibilang perubahan yang paling penting dalam sejarah sepeda. Ini merupakan pergeseran dari penggunaan dan persepsi publik dari olahraga pria muda berbahaya menjadi alat transportasi sehari-hari untuk pria dan yang terpenting, perempuan dari segala usia.
Safety Bicycle

Tahap berikutnya dari perkembangan sepeda datang dengan diciptakannya sepeda yang aman, yang mengubah sepeda dari sebuah alat yang berbahayamenjadi perangkat yang handal dan nyaman yang dapat dengan aman digunakan oleh orang-orang dari segala usia untuk transportasi sehari-hari .

Menyadari keterbatasan desain sepeda roda tinggi, para pemikir terus mencari cara untuk meningkatkan bentuk dasar sepeda itu. Sebuah terobosan besar datang pada tahun 1885 dari John Kemp Starley, adalah penciptaan desain sepeda yang menampilkan pengendara bertengger jauh lebih rendah di antara dua roda dengan ukuran yang sama, ditambah dengan sproket dan sistem rantai yang menggerakkan sepeda dari roda belakang. Ini adalah dasar yang sama dengan "diamond frame" desain yang masih digunakan pada sepeda saat ini.

Semua faktor ini, keamanan dan kenyamanan, dikombinasikan untuk menciptakan zaman keemasan bersepeda. Orang bersepeda untuk memperoleh sarana praktis dan untuk bersantai. Itu adalah transportasi dan rekreasi yang dibungkus dalam satu paket. Jumlah dan pengaruh bersepeda tumbuh begitu pesat di tahun 1880-an dan 1890-an dengan terbentukanya berbagai macam klub bersepeda.

Inovasi Teknologi Sepeda di Abad ke-20
Superlight Bicycle
Selama bertahun-tahun, desain, bahan, komponen dan proses manufaktur sepeda harus ditingkatkan untuk menciptakan sepeda sampai saat ini menjadi mesin yang semakin canggih dan efisien. Sementara desain kerangka dasar (frame) tetap sama selama lebih dari seratus tahun, penggunaan bahan seperti titanium dan serat karbon telah menciptakan sepeda yang jauh lebih ringan dan lebih kuat dari penciptaan dari besi sebelumnya dan model kayu.

Inovasi lain seperti shifter dan derailleurs memungkinkan pengendara untuk bekerja sendiri melalui berbagai roda gigi yang memungkinkan sepeda untuk jalan jauh lebih cepat serta untuk mendaki bukit lebih curam dibanding sepeda single speed.



It's All About Bicycle









Source :
- http://bicycling.about.com
- http://cycle-info.bpaj.or.jp
- http://www.pedalinghistory.com/PHhistory.html
- http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_the_bicycle

Thank you for visiting us. Have any question ? Contact Us on : info@bicycle4you.com
Please kindly leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments :

Post a Comment

 
Back to Top