Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Bicycle4you ~ It's All About Bicycle | Members area : Register | Sign in

Sejarah Sepeda Fixie

Share this history on :

Sepeda fixie saat ini memang sedang menjadi trend tersendiri bagi pencinta sepeda atau goweser di tanah air terutama kalangan anak muda. Perkembangan sepeda fixie bergerak dari awal yang lebih ditujukan secara fungsional menjadi salah satu alat fashionable buat anak muda atau boleh dibilang menjadi salah satu gaya hidup di kalangan pencinta sepeda.


Dalam catatan Sejarah Sepeda fixie atau fixed gear ini awal mulanya berasal dari Amerika Serikat. Pada awal kemunculannya, sepeda fixie digunakan oleh pengantar pos dalam menjalakan pekerjaannya berkaitan dengan kepadatan lalu lintas di kota New York.

Sepeda Fixie awal mulanya lebih dikenal dengan Fixed Wheel, berkaitan erat dengan single speed bicycle. Fixed Gear bicycle atau Fixed Wheel bicycle, yang kemudian di kenal dengan istilah Fixie, sebuah alat transportasi sepeda tanpa menggunakan Free Wheel. Sproket (gear belakang) tanpa free wheel langsung menancap pada fixed Hub. Ketika roda belakang berputar maka pedal akan berputar searah dengan putaran roda belakang. Hal tersebut memungkinkan pengendara sepeda fixie dapat menghentikan laju sepeda tanpa menggunkan Rem (brake). Untuk menghentikan laju sepeda, pengendara hanya perlu menarik kebelakang berlawanan arah pedal crank, secara otomatis roda akan melambat dan berhenti.

Dalam dunia balap sepeda, fixed gear di gunakan pada kompetisi Track cycling yang biasanya di lakukan di sebuah Velodrome (sebuah lintasan balap yang berbentuk oval tanpa ujung). Seiring dengan berkembangnya jaman, sepeda fixed tidak hanya digunakan di lintasan Velodrome tapi sudah mulai merambah ke lintasan jalan raya, sebagai alat transportasi harian.


Bagi sebagian orang, tampaknya sepeda fixie dianggap eksklusif atau elegan karena harga sepeda yang relatif mahal. Selain itu, setiap bagian dari sepeda ini tidak murah, seperti frame, roda, biasanya barang yang diimpor dari luar negeri.  Sepeda fixie menggunakan sistem kecepatan fixed gear, yang membuat ayunan pedal rotasi terus berputar, sehingga untuk melakukan pengereman, pengemudi sepeda fixie harus mengurangi kekuatan dengan melawan arah putaran pedal, atau yang biasa disebut sistem “Trape Door”.

pic: thefixfixfix.com
Perkembangan sepeda Fixie telah menjadi sejarah dan akan melegenda seiring perkembangan jaman. Keunikan dari sistem penggerak dan pengereman serta model yang fashionable menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta sepeda. Klub-klub sepeda Fixie bermunculan di setiap kota dan punya komunitas tersendiri yang menjadi ajang silaturahmi sekaligus berolahraga dan refreshing tentunya.
Buat pencinta sepeda Fixie...brakeless..no problemo..:)

It's All About Bicycle

Thank you for visiting us. Have any question ? Contact Us on : info@bicycle4you.com
Please kindly leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments :

Post a Comment

 
Back to Top